Papua%20Bengkel%20Music

Rabu, 26 Desember 2012

Atur IP Address, DNS dan Provider Internet

Tips I. Merubah IP Address Ke Negara Lain

Tips kita kali ini kita akan membahas bagaimana Mengganti IP Address kamu ke alamat Negara lain secara gratis. Ikuti langkah2 sebagai berikut dibawah ini:
  1. Kunjungi website: Hide My Ass
  2. Pilih Menu IP: Port Proxy
  3. Pilihlah salah satu Negara melalui 'Proxi Country' Menu. Setelah itu hilangkan tanda centang pada 'slow & Medium' pada "Speed & Connection time Menu"
  4. Setelah hasilnya tampil (Recomendasi dari sy, pilih IP Address yang memiliki "PORT 8080" dan memiliki Full Speed/ berwarna Hijau)
  5. Kemudian Copy IP Address dan gantikan melalui Browser. Caranya: Klik Tulisan Firefox> Option(Pengaturan)> Advance> Network> Setting> Manual Proxy Configuration(Masukan IP Address td ke HTTP Proxy> Centang Use this proxy server for all protocols)> Klik OK (Tutup Filefox)
  6. Cek IP kamu di What Is My IP Address

Tips II. Menyembunyikan IP Address

1. Online

Salah satu cara untuk menembus batasan dengan cara menyembunyikan IP Address saat browsing atau membuka web yang telah di block oleh administrator, bisa digunakan cara dengan menyembunyikan alamat IP saat kita browsing. Untuk menyembunyikan alamat IP saat browsing, anda bisa menggunakan web proxy untuk membuka web yang diblock atau menjelajah kedunia maya sebagai anonimous. 

Setiap jaringan komputer yang terhubung secara online via internet mempunyai alamat internet protocol (IP address) yang unik dan berbeda antara satu dengan lainnya. Alamat unik inilah yang bisa menjadi salah satu identitas seseorang bila sedang online, dan dari alamat IP ini dapat diketahui tentang lokasi keberadaan jaringan komputer yang sedang dipergunakan dan juga data mengenai penyedia layanan internet yang digunakan (internet provider).

Data tersebut bisa digunakan oleh sebuah situs penyedia sebuah layanan online untuk tujuan tertentu misalnya menyediakan konten yang sesuai dengan lokasi keberadaan pengunjung, atau juga melakukan blocking IP (IP block/banned) tertentu agar tidak bisa masuk atau menggunakan layanan tertentu yang ada di sebuah situs, atau bisa juga disalahgunakan untuk tujuan buruk oleh situs tertentu. 


Apabila anda ingin menyembunyikan alamat IP yang sedang aktif ketika browsing atau beraktivitas online di internet, bisa menggunakan program yang dikhususkan untuk menyembunyikan alamat IP. Dengan menyembunyikan IP address, kita dimungkinkan untuk bisa menjaga privasi kita di dunia maya, atau bisa juga membuka blocking pada situs tertentu dan menghindari banned oleh situs tertentu berdasarkan alamat IP kita.
Beberapa web proxy yang bisa anda gunakan untuk menjelajah atau browsing internet tanpa diketahui alamat IP anda adalah sebagai berikut :
3. Fsurf

Dengan menggunakan web proxy tersebut semoga saja anda bisa membuka web yang diblock administrator atau ikut mendaftar pada aplikasi yang mereka buat seperti mendaftar pada extremetracking.

2. Dengan Menggunakan Software

Berikut adalah dua program utility gratis aka freeware untuk mengganti dan menyembunyikan IP address:

Free Hide IP (download)








Proxy Me 2010 (download)












TIPS III. Mengganti DNS dengan DNS Publik Milik Google dan OpenDNS 

Salah satu sebab mengapa koneksi internet di Indonesia sering putus adalah dikarenakan DNS server yang dipakai oleh internet service provider (ISP) kurang memadai dalam melayani banyaknya member yang berlangganan pada provider tersebut. Untuk mengatasi hal itu, kita sebagai konsumen bisa melakukan komplain kepada pihak ISP tentang DNS server yang mereka sediakan.
Jika hal tersebut tidak memungkinkan, kita juga bisa menggunakan DNS publik luar negeri yang memang disediakan bagi pengguna internet di seluruh dunia. Ada dua DNS publik yang terkenal dikalangan pengguna internet yaitu OpenDNS dan GoogleDNS. Keduanya mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan DNS yang disediakan oleh ISP di Indonesia. 

OpenDNS Public : 208.67.222.222 dan 208.67.220.220
Google DNS Public : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4


Jika ingin menggunakan DNS publik milik Google dan OpenDNS, ikuti petunjuk berikut ini :
  • Buka Control Panel, kemudian pilih Network Connections
  • Pilih jenis koneksi apa yang ingin anda gunakan. Sebagai contoh koneksi saya dengan menggunakan wireless sebagai default dari koneksi internet, maka yang harus dirubah adalah setting DNS pada wireless tersebut. 
  • Klik kanan wireless dan pilih Properties (lihat gambar dibawah ini)
  • Klik bagian Internet Protocol TCP/IP dari jendela network yang terbuka, kemudian Properties. Pada bagian Use the following DNS addresses, gunakan DNS dari OpenDNS atau Google DNS. Anda juga bisa mengkombinasikan antara keduanya (lihat gambar ini)
  • Kemudian Klik tombol OK dan lanjutkan klik Close pada bagian Network Connections.
Catatan:
 
Jika ingin memaksimalkan dan mempercepat koneski internet, anda juga bisa mematikan service dari QOS Packet Scheduler pada bagian Network Connections (Mematikan QOS Packet Scheduler bisa mempercepat koneksi internet hingga mencapai 20% dari kecepatan semula). Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar: